Vlookup Excel – Rumus dan Cara

Umum
Vlookup Excel

Rumus Excel VLOOKUP

oleh Bung_Bribil · Diterbitkan 28 Februari 2017 · Diperbarui 19 Mei 2019

Rumus Vlookup Excel adalah rumus Excel yang mengambil nilai dari tabel sumber (tabel lain) yang digunakan sebagai referensi dalam tabel yang diuraikan. Rumus Vlookup ini sangat populer sebagai rumus dasar yang perlu Anda pelajari saat bekerja dengan program Excel. Penggunaan rumus Vlookup dapat digunakan sebagai solusi jika kita mengalami kesulitan menggunakan fungsi IF dengan banyak kondisi dan kriteria. Dari banyak kondisi ini, kita dapat membuat tabel untuk referensi, yang kemudian dapat kita ambil menggunakan fungsi Vlookup. secara tidak langsung, fungsi Vlookup dapat digunakan untuk mengatasi kelemahan fungsi If, yang hanya dapat menampung 64 kondisi.

Vlookup Excel
Cara Menulis Rumus Vlookup

Sintaks = VLOOKUP (lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)

Informasi:

VLOOKUP = Fungsi / Formula Vlookup untuk pengambilan data vertikal (Vertical Lookup).
lookup_value = adalah nilai yang cocok dengan nilai di table_array.
table_array = adalah tabel sumber untuk mendapatkan.
col_index_num = adalah nomor kolom dalam table_array
range_lookup = Metode pencarian dalam tabel sumber yang BENAR “1” atau SALAH “0”

rumus vlookup

Menggunakan rumus Excel vlookup
Penggunaan formula Vlookup

Dalam tabel di atas kita diminta untuk mengisi bidang gaji dan bonus dengan mengumpulkan data dalam tabel array / sumber dengan rumus Vlookup. Dari tabel di atas kita dapat menganalisis sebelum menulis formula untuk kolom gaji dan bonus. Lihatlah gambar di bawah ini. Dengan Vlookup excel yang terpenting adalah kita harus menguasai pembacaan data.
col_Index_num vlookup unggul

Cara membaca kolom_Index_number

Lookup_value harus berada paling kiri dari tabel array, dalam hal ini kolom grup yang nilainya cocok.
Column_index_number mulai membaca dari kiri ke kolom kanan. Dari gambar di atas, kita dapat melihat bahwa kolom grup adalah 1st Column_index_number, kolom Gaji adalah 2nd Column_index_number, dan kolom Bonus adalah 3rd Column_index_number.
Pencarian rentang adalah metode pencarian data. Nilainya BENAR atau SALAH. Jika kita menggunakan FALSE, itu berarti bahwa jika data dalam tabel array tidak ditemukan atau tidak ada kecocokan, kesalahan N / A (kecocokan persis) ditampilkan. Jika kami menggunakan TRUE, perkiraan kecocokan tidak akan ditemukan.

manajemen kasus:

Masukkan pointer ke dalam sel “J24”
Tulis rumus = VLOOKUP (
Nilai pencarian input adalah “I24” karena kolom kolom dicocokkan sebagai referensi / nilai dengan kolom grup dalam tabel array.
Blok tabel array C24: E26, sehingga referensi tidak berubah selama pengisian otomatis. Menjadi $ C $ 24: $ E $ 26. Jika Anda tidak tahu cara memahami sel absolut, Anda bisa belajar cara mengunci sel pada materi sebelumnya.
Karena kita mengisi kolom bayaran, kolom_index_Number adalah kolom kedua, tulis angka 2.
Gunakan Range_lookup dengan tipe FALSE atau 0.
Rumus lengkapnya adalah = VLOOKUP (I24, $ C $ 24: $ E $ 26.2, FALSE)
Tekan Enter untuk menjalankan formula. Gunakan pengisian otomatis, atau salin dan tempel rumus di bawah ini untuk sel-sel di bawah ini.

Hasilnya adalah sebagai berikut Formula Vlookup di Excel

Untuk mengisi kolom bonus, langkah-langkahnya sama, hanya membedakan nilai colom_index_Number, yang merupakan yang ke-3. Rumus lengkapnya adalah: = VLOOKUP (I24, $ C $ 24: $ E $ 26.3, FALSE)

Sumber : https://rumus.co.id/vlookup-excel/