5
11

Pengertian Manajemen Biaya: Macam, Proses, Konsep, Prinsip

Memahami manajemen biaya
Baca cepat Buka

Pengendalian biaya adalah sistem yang memberikan informasi kepada manajer untuk mengidentifikasi peluang perbaikan, perencanaan strategis, dan keputusan operasional terkait pengadaan dan penggunaan sub-sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi.

Sistem manajemen biaya ini terdiri dari semua alat, metode dan metode yang membentuk sistem manajemen biaya.

Sistem manajemen biaya terintegrasi menunjukkan keterkaitan dengan elemen sistem lainnya sebagai berikut:

Desain dan pengembangan sistem
Sistem pembelian dan produksi
Sistem layanan pelanggan
Sistem pemasaran dan penjualan

Memahami manajemen menurut para ahli

Di bawah ini adalah beberapa definisi manajemen ahli yang terdiri dari:

  1. Yudhi Herliansyah

Pengertian pengendalian biaya itu sendiri dapat dijelaskan sebagai berikut.

Filosofi upaya untuk terus meningkatkan peningkatan layanan dengan biaya rendah.
Sikap atau kebiasaan positif dimana seluruh biaya produksi (output) merupakan hasil keputusan manajemen.
Sebuah teknik atau seperangkat teknik yang digunakan untuk menentukan atau mencapai tujuan bisnis.

Deden Mulyana

Manajemen biaya menyediakan informasi keuangan (penjualan dan biaya) dan non-keuangan (kualitas dan produktivitas) untuk mengidentifikasi peluang operasional untuk peningkatan, perencanaan strategis, serta perolehan dan penggunaan sumber daya. Ini adalah sistem yang dirancang. Sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi.
Baca lebih lanjut: Memahami layanan pelanggan

Jenis manajemen biaya

Di bawah ini adalah beberapa jenis manajemen biaya, antara lain:

  1. Biaya bahan baku langsung dan tidak langsung

Biaya bahan langsung adalah salah satu biaya bahan baku suatu produk atau barang lain (diskon pembelian dikurangi, tetapi biaya pengiriman dan biaya terkait ditambahkan).

Sedangkan biaya bahan baku tidak langsung (indirect material cost) merupakan salah satu biaya bahan baku yang digunakan untuk membuatnya, tetapi bukan merupakan bagian dari produk akhir.

Biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung

Biaya tenaga kerja langsung (direct labor cost) meliputi tenaga kerja yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk atau jasa serta jam kerja produktif yang biasa dan tak terelakkan seperti istirahat dan sholat.

Jenis lain dari waktu kerja tidak produktif yang disetujui dan dirancang adalah waktu istirahat. Biaya tenaga kerja tidak langsung ini meliputi pengawasan, pengendalian kualitas, inspeksi, pembelian dan penerimaan, penanganan bahan baku, staf kebersihan, liburan, pelatihan dan pembersihan.

Perhatikan bahwa jenis biaya personel dapat dibagi menjadi langsung dan tidak langsung, tergantung pada target biaya.

  1. Biaya overhead lainnya

Selain biaya tenaga kerja dan biaya bahan tidak langsung, biaya tidak langsung lainnya juga diperlukan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa. Biaya fasilitas, peralatan yang digunakan untuk memproduksi suatu produk atau jasa, dan peralatan pendukung lainnya antara lain

Semua biaya tidak langsung juga biasa disebut sebagai biaya operasional pabrik atau biaya overhead.

Ini juga disebut sebagai biaya utama, karena biaya bahan langsung dan biaya tenaga kerja langsung dapat digabungkan menjadi satu. Biaya renovasi (biaya konversi) merupakan kombinasi dari biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead.

  1. Biaya tetap dan biaya variabel

Biaya total ini terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap adalah proporsi dari total biaya yang tidak berubah meskipun jasa berubah dalam area yang relevan.
Baca Selengkapnya: Memahami Ekonomi Konvensional

Di sisi lain, biaya variabel adalah perubahan total biaya yang terkait dengan perubahan jumlah pemicu biaya. Biaya tetap mencakup banyak overhead yang tidak berubah saat unit diproduksi.

Namun, beberapa biaya tidak langsung berfluktuasi karena berfluktuasi sesuai dengan perubahan jumlah produk yang dihasilkan dan jumlah produk yang dihasilkan. Istilah biaya campuran mengacu pada biaya total, yang mencakup komponen biaya tetap dan variabel.

  1. Biaya unit dan biaya marjinal

Yang biasa disebut dengan biaya satuan atau biaya rata-rata adalah total biaya produksi dibagi jumlah unit produksi.
Proses manajemen biaya

Ada empat proses yang terlibat dalam menciptakan pengendalian biaya proyek:

Rencana pengendalian biaya

Proses penetapan kebijakan, prosedur dan dokumentasi untuk perencanaan proyek, manajemen, biaya dan manajemen biaya.

Keuntungan utama dari proses ini adalah kemampuan untuk memiliki sarana untuk mengontrol proyek

Lihat Juga :

https://mandiriecash.co.id/
https://allenstanford.id/
https://nusanews.id/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://beautynesiablog.id/
https://www.sudoway.id/