Pengertian analisis SWOT lengkap

Pendidikan

Apa itu analisis SWOT? Definisi analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis untuk mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi upaya untuk mencapai tujuan, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, baik jangka pendek maupun jangka panjang. ,

Istilah analisis SWOT sering ditemukan di bidang ekonomi dan bisnis. Tujuan dari metode analisis ini adalah untuk menggambarkan situasi dan kondisi yang dihadapi dan bukan alat analitis yang mampu memberikan solusi untuk masalah yang dimaksud.

Pengertian analisis SWOT

Analisis SWOT memainkan peran penting dalam dunia bisnis karena bertujuan untuk membingkai situasi dan kondisi di perusahaan dari perspektif SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman). Pada artikel ini, kita akan sepenuhnya membahas makna analisis SWOT dan manfaatnya di dunia bisnis.

Baca juga: Definisi statistik
Definisi analisis SWOT menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa itu analisis SWOT, kita bisa merujuk pada pendapat para pakar berikut;
1. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, definisi analisis SWOT adalah penilaian terhadap semua kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ditemukan pada individu atau organisasi.
2. Pearce dan Robinson

Menurut Pearce dan Robinson, memahami analisis SWOT adalah bagian dari proses manajemen strategis perusahaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama perusahaan.

Kelemahan dan kekuatan utama ini dihadapkan dengan peluang dan ancaman eksternal sebagai dasar untuk menghasilkan berbagai strategi alternatif.
3. Yusanto dan Wijdajakusuma

Menurut Yusanto dan Wijdajakusuma, definisi analisis SWOT terdiri dari alat internal dan eksternal perusahaan yang didasarkan pada database tahunan dengan pola 3-1-5.

Penjelasan dari model ini adalah bahwa data yang ada diupayakan untuk memasukkan data tentang perkembangan perusahaan dalam tiga tahun sebelum analisis, apa yang diinginkan pada tahun di mana analisis (baca: Definisi analisis) dan tren perusahaan dalam lima tahun setelah analisis.
4. Freddy Rangkuti

Menurut Rangkuti, definisi analisis SWOT adalah upaya yang dilakukan atas dasar logika yang mampu memaksimalkan kekuatan dan peluang, dan pada saat yang sama meminimalkan kelemahan dan ancaman. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.
5. Angkat

Menurut Rais, definisi analisis SWOT adalah metode analisis paling dasar yang berguna untuk mengetahui topik dan masalah dari empat sisi yang berbeda. Hasil akhir dari analisis ini adalah arahan atau rekomendasi untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dan peluang yang ada, mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman.

Baca juga: Memahami Analisis Data
Elemen analisis SWOT

SWOT adalah metode yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam suatu perusahaan. Secara umum SWOT diwakili oleh tabel pada format kertas besar untuk memudahkan analisis hubungan antar aspek. Membuat analisis SWOT melibatkan tujuan perusahaan tertentu dan identifikasi faktor internal-eksternal untuk mencapai tujuan ini.

Seperti disebutkan di atas, analisis SWOT melibatkan empat elemen utama: Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing elemen ini:
1. Kekuatan (Strength)
Elemen SWOT
Analisis elemen gaya

Analisis kekuatan perusahaan. Misalnya, menganalisis keuntungan yang dimiliki perusahaan dalam hal teknologi, kualitas produksi, posisi strategis atau elemen kekuatan lain yang menekankan keunggulan perusahaan.

Biasanya dalam analisis SWOT perusahaan cenderung membuat daftar kekuatan sebanyak mungkin dalam upaya untuk bersaing.
2. Kelemahan
Analisis kelemahan
Analisis kelemahan

Selain melihat kekuatan perusahaan, sangat penting untuk mengetahui apa kelemahan perusahaan itu. Untuk menemukan kelemahan suatu perusahaan, dimungkinkan untuk membuat perbandingan dengan pesaing seperti yang dimiliki perusahaan lain tetapi tidak dimiliki oleh perusahaan Anda.

Jika Anda ingin membuat daftar kelemahan perusahaan secara lebih obyektif, ada kemungkinan bahwa itu adalah testimoni dari konsumen yang umumnya lebih tahu apa yang kurang dalam perusahaan.
3. Peluang (peluang)
Analisis peluang
Analisis elemen peluang

Elemen peluang biasanya diwujudkan pada saat awal konstruksi kegiatan. Ini karena perusahaan dibentuk atas dasar peluang atau peluang untuk menghasilkan laba.

Elemen-elemen peluang mencakup daftar apa yang memungkinkan perusahaan untuk bertahan dan diterima di masyarakat, baik jangka pendek maupun panjang.

Sumber : materibelajar.co.id