Mengapa perlu menjaga kesehatan tulang saat puasa?

Kesehatan

Banyak kegiatan yang perlu Anda jalani selama puasa selalu mengharuskan Anda untuk menjaga kesehatan tulang. Tulang yang sehat dapat menopang tubuh dengan baik, bahkan saat puasa. Jadi apa pentingnya menjaga kesehatan tulang? Seperti? Semuanya akan dijawab dalam ulasan berikut.

Mengapa perlu menjaga kesehatan tulang saat puasa?

Tulang memainkan banyak peran penting dalam mendukung struktur tubuh, membantu Anda berdiri, melindungi organ-organ tubuh dan membantu tubuh bergerak lebih fleksibel. Setiap hari, Anda bisa khawatir tentang berbagai aktivitas yang didasarkan pada kerja tulang. Untuk alasan ini, disarankan untuk melakukan banyak hal yang dapat mendukung optimalisasi kesehatan tulang.

Yah, itu tidak berbeda dari hari-hari biasa, selama berpuasa tidak berarti Anda harus membatasi aktivitas harian Anda. Justru dengan banyak aktivitas yang didasarkan pada kerja tulang dan otot-otot tubuh, yang sebenarnya dapat lebih mengoptimalkan kesehatan tulang dan mencegah kehilangan.

Karena itu, meski Anda sedang berpuasa, Anda tetap dianjurkan untuk menjaga kesehatan tulang. Sebab, pola makan yang berbeda saat puasa dapat melemahkan beberapa fungsi tubuh manusia. Karena tubuh tidak menerima makanan selama sekitar 14 jam puasa.

Padahal, puasa atau tidak, jumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda tetap sama, termasuk kebutuhan kalsium dan vitamin D yang penting untuk tulang Anda. Karena itu, karena banyaknya aktivitas yang Anda lakukan dan asupan gizi yang tidak optimal seperti hari normal, penting untuk menjaga kesehatan tulang yang baik selama puasa. Ini bertujuan untuk mencegah penurunan fungsi tulang normal.
Bagaimana menjaga kesehatan tulang saat puasa?

Berpuasa bukanlah penghalang bagi Anda untuk tetap aktif. Metode berikut dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan tulang selama puasa:
1. Istirahat yang cukup

Waktu tidur selama bulan puasa akan berubah, Anda harus bangun pagi-pagi buta dan beribadah sampai malam. Mungkin juga tidur malam sedikit bergerak. Karena itu, penting untuk menjaga tubuh tetap bugar saat puasa, karena ini akan mempengaruhi kesehatan tulang saat Anda beraktivitas di hari berikutnya.

Usahakan selalu tidur cukup, setidaknya 7 jam semalam. Bahkan jika itu tampak sepele, istirahat yang cukup bisa membuat Anda tidak merasa lelah. Cara Anda bisa meringankan kerja tulang selama beraktifitas esok harinya. Bagaimanapun, tulang Anda memperbaiki jaringan saat tidur sehingga fungsinya tetap kuat dan aktif.
2. Sesuaikan asupan makanan

Anda tidak harus makan terlalu banyak selama matahari terbit atau istirahat dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Makan dalam jumlah yang cukup tetapi mengandung diet seimbang adalah kuncinya.

Secara tidak langsung, apa yang Anda konsumsi akan memengaruhi kekuatan tubuh Anda dan kesehatan tulang Anda. Jadi, Anda perlu berhati-hati dalam mengatur makanan dan minuman mana yang cocok untuk dikonsumsi saat fajar dan berbuka puasa.

Pilih makanan dan minuman yang kaya akan vitamin D dan kalsium seperti susu, jamur, dan sayuran hijau.
3. Minumlah suplemen

Jika Anda ingin menjaga kesehatan tulang selama puasa, pastikan bahwa kontribusi penting yang dibutuhkan oleh tulang dibuat dengan baik, yaitu kalsium dan vitamin D. Kalsium membangun tulang, sedangkan vitamin D bertanggung jawab untuk membantu proses penyerapan tubuh dan kalsium. Itu sebabnya kedua nutrisi ini adalah fondasi tulang yang sehat.

Sumber kalsium alami dapat diperoleh dari susu, ikan teri, telur, brokoli, bayam, bok, tahu, jeruk dan sebagainya. Sementara vitamin D adalah nutrisi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dari makanan dan sinar matahari. Tubuh akan secara otomatis menghasilkan vitamin D jika terkena sinar matahari. Namun, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan dengan mengonsumsi sumber makanan vitamin D seperti tuna, sarden, susu, hati sapi, kuning telur dan sebagainya.

Selain makanan dan sinar matahari, Anda juga bisa mengoptimalkan kebutuhan tubuh akan kalsium dan vitamin D dengan mengonsumsi suplemen yang kaya kalsium dan vitamin D. Dengan cara ini, Anda masih bisa bergerak dengan lancar sambil menjaga kesehatan tulang saat puasa.
4. Terus berolahraga secara teratur

Puasa hidup bukan alasan untuk berhenti berolahraga. Namun, jika Anda ingin berolahraga di bulan puasa, waktu terbaik adalah setelah putus cinta. Karena pada saat itu energi dalam tubuh pulih berkat asupan makanan dan minuman. Selain itu, Anda juga dapat melakukan ini selama 1 hingga 1,5 jam sebelum menghentikan puasa. Keduanya baik-baik saja, sesuaikan saja sesuai dengan kemampuan tubuh Anda.

Baca juga :