Manfaat Sayur Sawi untuk Kesehatan

Kesehatan

bumninsight.co.id – Jika Anda suka makan sayuran, Anda mungkin tahu sayuran hijau yang disebut mustard. Sayuran, yang biasa digunakan sebagai campuran pasta dan sup, sangat mudah diperoleh di pasar mana pun. Harganya juga sangat murah. Jika Anda adalah penggemar mustard, maka Anda beruntung.

Sawi memiliki banyak nutrisi sehat yang bermanfaat bagi kesehatan:

1. Sumber vitamin dan mineral

Sawi adalah sayuran yang kaya akan vitamin A, C dan K, yang penting untuk menjaga fungsi tubuh. Vitamin C dan A adalah antioksidan alami yang melindungi tubuh dari radikal bebas, meningkatkan kekebalan dan menjaga kesehatan penglihatan. Vitamin K sendiri mempertahankan kepadatan tulang dan bahkan dapat mencegah kerusakan saraf kranial.

Mustard juga merupakan sumber zat besi, magnesium, kalsium, seng, kalium, selenium, mangan, asam folat, protein dan serat, yang berguna untuk pencernaan dan menurunkan kolesterol. Asam folat sangat efektif dalam sintesis DNA, mencegah cacat janin dan menjaga kesehatan janin.

2. Kaya akan antioksidan

Mustard adalah sumber nutrisi atau tanaman herbal yang dihasilkan dari nutrisi dan antioksidan. Selain vitamin C dan A, ia juga mengandung asam hidroksisinamat, isotamnetin, quercetin dan kaempferol, fitonutrien antioksidan utama yang dibawa oleh mustard.

Kaya akan mustard yang bergizi, fitonutrien mengurangi stres oksidatif dalam sel-sel tubuh dan bahkan mencegah kanker payudara, usus besar, kandung kemih, prostat, ovarium, dan paru-paru. Inilah sebabnya mengapa tubuh membutuhkan banyak antioksidan.

3. Membantu mendetoksifikasi tubuh

Sawi kaya serat juga merupakan detoksifikasi yang sangat baik di usus. Selain itu, mustard juga mengandung belerang dan antioksidan, sehingga dapat mendetoksifikasi tubuh dengan sangat baik. Karena sawi kaya akan klorofil, sawi juga dapat menyerap karbon dioksida dengan baik, membebaskan limbah dari tubuh.

4. Cegah kanker

Mustard juga merupakan zat nabati karsinogenik yang mengandung glukosinolat, yang kemudian dikonversi menjadi isotiosianat, yang memiliki sifat antikanker. Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral mustard juga sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk mengurangi risiko kanker.

5. Anti-inflamasi

Mustard juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan kronis dan mengurangi risiko radang sendi dan pembengkakan lainnya. Untuk mustard mengandung vitamin K dan asam lemak omega-3, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga mengandung isothiocyanate, yang mencegah peradangan dan mengurangi risiko stroke.

Jadi, jika Anda bingung tentang apa yang harus Anda masak untuk menu hari ini, maka jangan ragu untuk memilih sayuran super sehat yang disebut mustard.

Baca Lainnya:

Gambaran umum tips dan DBD

Cara menggunakan Link2SD