Daftar Makanan Yang Mengandung Kolagen,Yuk Simak !

Kesehatan

Kolagen adalah protein penting yang ditemukan dalam jaringan ikat, tulang rawan, tendon, darah, tulang dan kulit tubuh kita. Agar produksi kolagen dalam tubuh tetap terjaga, kita mengonsumsi makanan berikut yang mengandung kolagen.

Kolagen berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, membentuk struktur sendi dan tendon, untuk melindungi organ-organ tubuh dan menyatukan bagian-bagian tubuh seperti tulang dan otot.

Ini daftar makanan yang mengandung kolagen

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen menurun. Jika demikian, kulit menjadi longgar, garis-garis dan kerutan muncul dan tulang rawan sendi melemah.

Makanan yang baik untuk produksi kolagen
Jika Anda menginginkan kulit yang halus, lembut, padat dan lembut serta terlihat awet muda, Anda harus fokus pada makan sehat. Khususnya, makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, anthocyanin, protein, seng, tembaga, dan asam alfa hidroksi. Berbagai makanan dengan bahan-bahan ini dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Vitamin A

Vitamin A adalah jenis antioksidan yang dapat merangsang produksi kolagen dan menangkal efek negatif dari paparan sinar UV. Anda bisa mendapatkan vitamin A dengan mengonsumsi tomat, wortel, sayuran berdaun hijau, mangga, produk susu, ikan, udang, hati sapi, minyak ikan cod dan telur.

Vitamin C

Sama seperti vitamin A, vitamin C juga dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga dapat mencegah kulit kering dan memperlambat tanda-tanda penuaan dan kerutan. Vitamin ini dapat ditemukan dalam jeruk, stroberi, pepaya, brokoli, dan sayuran berdaun hijau.
anthocyanin
Selain dua vitamin yang disebutkan di atas, juga diketahui bahwa zat antrosia meningkatkan produksi kolagen. Antosianin itu sendiri adalah pigmen warna yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Makanan yang mengandung anthocyanin termasuk anggur, delima, berry, tomat, dan kacang merah.
protein
Tubuh mengubah penyerapan protein yang kita makan menjadi asam amino. Asam amino ini kemudian digunakan untuk membentuk jaringan tubuh dan kolagen. Protein diperoleh dengan mengonsumsi makanan laut, daging, susu, keju, yogurt, telur, kedelai, dan ikan.

Asam alfa hidroksi (AHA)

Asam alfa hidroksi adalah sekelompok asam alami yang ditemukan dalam makanan. AHA dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dengan menghancurkan serat kolagen lama dan membuat serat baru. AHA dapat ditemukan dalam jeruk, apel, anggur, tebu, tomat dan lemon.
bahan galian
Mineral seperti selenium, seng dan tembaga memiliki fungsi penting dalam produksi kolagen. Zat ini juga bertindak sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit, membantu kulit melawan bakteri dan menghasilkan kolagen.
Suplemen untuk promosi kolagen
Jika asupan kolagen dari makanan yang berbeda tidak memenuhi kebutuhan harian akan kolagen, kita bisa mengonsumsi suplemen kolagen. Tentu saja, pertama saya minta saran dokter.

Suplemen ini tidak hanya dirancang untuk memenuhi kebutuhan harian akan kolagen, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh, seperti:

Pengurangan peradangan dan nyeri sendi pada pasien dengan gangguan sendi.
Penghambatan kerusakan dan keropos tulang
Menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Ayo, pertahankan produksi kolagen di tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan kolagen untuk membuat kulit, tulang, otot, dan persendian Anda bekerja lebih baik.

Artikel Lainnya :