5 Tips menurukan darah tinggi secara alami

Kesehatan

Tidak semua kasus hipertensi harus diobati dengan obat dokter. Ya! Ada berbagai cara untuk mengurangi tekanan darah tinggi secara alami yang bisa Anda coba mulai dari sekarang. Hanya apa?

Berbagai cara mengurangi tekanan darah tinggi secara alami


Mengubah gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari menjadi lebih sehat dapat mengurangi kebutuhan akan obat hipertensi. Bahkan untuk orang yang telah diresepkan obat, metode alami ini masih dapat digunakan sebagai terapi berdampingan untuk menormalkan ketegangan tanpa takut risiko efek samping.

1. Menurunkan berat badan
Jika Anda kelebihan berat badan atau cenderung obesitas, Anda harus mulai menurunkan berat badan mulai sekarang. Jika Anda tidak yakin apakah berat badan Anda ideal atau tidak, Anda dapat memeriksanya di kalkulator indeks massa tubuh Anda atau bisa juga dalam bit.ly/indeksmassatubuh.

Tubuh yang gemuk menunjukkan bahwa tubuh Anda penuh dengan lemak. Nah, tumpukan lemak ini bisa menempel di pembuluh darah dan membuat aliran darah jadi tidak lancar. Ini kemudian meningkatkan tekanan darah.

2. Pilih makanan yang tepat
Anda tidak bisa lagi makan sembarangan atau lebih buruk. Alasannya adalah bahwa makanan yang Anda makan dapat mempengaruhi tekanan darah Anda. Hindari makan makanan asin, tinggi lemak dan membatasi konsumsi makanan kemasan.

Sebaliknya, ini memperbanyak sumber makanan yang tinggi vitamin dan serat, seperti sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan biji-bijian. Makanan berserat bekerja untuk mengikat lemak yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Selain itu, makanan dengan kandungan kalium tinggi juga dapat membantu menormalkan kadar natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah lebih terkontrol.

3. Olahraga teratur
Olahraga adalah cara alami untuk mengurangi tekanan darah tinggi, khususnya tekanan sistolik sekitar 4-9 mmHg. Manfaat latihan fisik untuk hipertensi sama baiknya dengan minum obat tekanan darah tinggi.

Namun, ingat: Anda perlu berolahraga secara teratur untuk mendapatkan manfaat ini dan menjaga tekanan darah Anda terkendali. Secara umum, satu hingga tiga bulan latihan teratur diperlukan untuk memiliki dampak positif pada tekanan darah.

Jadi seberapa sering Anda harus berlatih? Anda dianjurkan untuk berlatih selama 150 menit seminggu. Secara umum, Anda dapat berlatih setidaknya 30 menit setiap hari, setidaknya 3-5 hari seminggu. Kali ini Anda dapat berbagi secara teratur setiap hari.

Jika Anda baru mulai mengadopsi kebiasaan ini, mulailah dengan olahraga ringan, seperti berjalan santai di rumah atau mengendarai sepeda. Luangkan juga waktu untuk melakukan pekerjaan rumah Anda agar lebih aktif, seperti memotong rumput, menyapu, berkebun, atau membersihkan lantai. Yang penting meninggalkan kebiasaan hidup malas untuk bergerak.

4. Kelola stres dengan baik
Ketika stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang bertindak untuk mempersempit pembuluh darah. Pada akhirnya, ini dapat menghambat aliran darah dan meningkatkan tekanan darah. Semakin sering Anda stres, semakin sering tekanan darah tinggi terjadi.

Stres adalah hal yang wajar, tetapi yang paling penting adalah mengelolanya dengan baik. Untuk menghilangkan stres, Anda dapat memberi diri Anda waktu untuk merilekskan tubuh dan pikiran Anda dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai. Misalnya, menyelam di air panas, nyalon, berjalan-jalan favorit anjing, atau pergi ke taman rekreasi.

5. Batasi minuman berkafein
Kafein dalam teh, kopi, soda, dan cokelat dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan berbagai hormon yang dapat memengaruhi tekanan darah. Jadi, Anda harus membatasi porsi minuman ini.

Alih-alih minuman berkafein, Anda bisa menggantinya dengan susu atau jus buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Ini adalah cara alami untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Baca Juga :